Sabtu, 13 November 2010

Tugas 6

1. Jelaskan dengan singkat, ada berapa sifat produksi ? Minimal 4 !
Jawab :
Sifat-sifat produksi yaitu
- Selalu barorientasi pada kualitas dan efisiensi.
Kualitas dan efisiensi produk perlu menjadi dasar bagi proses produksi. Dalam era globalisasi persaingan antar produk yang sejenis berjalan sangat ketat, oleh karena itu di dalam proses produksi harus menjaga kualitas produk yang baik sehingga banyak digemari konsumen. Disamping itu, efisiensi perlu ditingkatkan agar dapat menekan biaya produksi menjadi serendah mungkin. Dengan biaya produksi yang rendah, berarti ia dapat menghasilkan barang dengan harga yang murah. BArang yan g harganya murah cendrung akan banyak pembelinya.
- Berani mengambil resiko
Dalam proses produksi, haruslah berani menanggung kerugian jika ternyata hasil usahanya belum memberi keuntungan untuk sementara waktu.
- Mampu menentukan tujuan
Dengan tujuan yang jelas seorang produsen dapat dengan mudah menilai apakah bidang usaha yang digelutinya sesuai dengan tujuan yang dicanangkan.
- Mampu membuat perencanaan dan pengawasan yang efektif
Tanpa ada perencanaan produsen tidak mampu melakukan penetapan prioritas kegiatan dalam memanfaatkan berbagai sumber dan faktor produksi yang dimiliki dalam jumlah yang terbatas. selain itu produsen perlu menciptakan sistem pengawasan yang baik agar perencanaan yang telah dibuat dapat dilakukan tanpa ada penyimpangan

2. Jelaskan dengan singkat pengertian produksi secara umum & ekonomis !
Jawab :
- Secara umum produksi diartikan sebagai suatu kegiatan atau proses yang mentransformasikan masukan menjadi keluaran dalam pengrtian secara umumlah istilah produksi dikenal dengan istilah industri seperti industri manufaktur, industri pengolahan hasil pertanian atau agro industri, dan lain-lain.
- Secara ekonomis produksi adalah kegiatan yang berhubungan dengan usaha penciptaan dan penambahan atau utilitas suatu barang atau jasa.


3. Dalam bidang produksi mempunyai lima tanggung jawab keputusan utama. Sebutkan dan jelaskan !
Jawab :
- Proses : keputusan –keputusan dalam ketegori ini menentukan fisik atau fasilitas yang dipakai untuk memproduksi barang atau jasa. Mencangkup jenis peralatan atau proses, tata letak peralatan, dan keselurhan fisik pabrik atau fasilitas jasa pelayanan.
- Kapasitas : untuk menentukan besarnya kapasitas yang tepat dan penyediaan pada waktu yang tepat. Kapasitas jangka panjang ditentukan oleh besarnya fisik yang dibangun.
- Persediaan : membuat keputusan-keputusan yang menyangkut apa yang dipesan, berapa banyak pemesanan serta kapan pemesanan dilakukan.
- Tenaga kerja : proses produksi menganggap kegiatan untuk menghasilkan produk, baik barang atau jasa. Tenaga kerja mencangkup seleksi pengajian, pelatihan, penempatan, penyeliaan atau supervise.
- Mutu/kualitas : mutu merupakan tanggung jawab yang paling penting yang harus di dukung oleh organisasi secara keseluruhan.

http://2007.Ekonomi Untuk SMA dan MA Kelas X.Jakarta:Erlangga
http://pksm.mercubuana.ac.id/new/elearning/files_modul/93018-7-461763197235.doc
http://agusnuramin.wordpress.com/2010/11/13/pengantar-bisnis-part-6-produksi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar