1. Sebutkan dan Jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktifitas ekonomi ?
Jawab :
1. Kelangkaan (Scarcity)
Keterbatasan menyebabakan banyak hal terasa langka (scarce). Kelangkaan mencangkup kuantitas , kualitas, tempat dan waktu. Sesuatu tidak akan langka jika jumlah (kuantitas) yang tersedia sesuai dengan kebutuhan , berkualitas baik, tersedia.
2. Pilihan (Choice)
Dalam setiap masyarakat selalu didapati bahwa kebutuhan manusia tidak terbatas banyaknya. Manusia tidak pernah merasa puas maka keinginan-keinginan yg lain akan muncul. Terbatasnya sumber dana yang tersedia dibanding kebutuhan / keinginan menyebabkan manusia harus menentukan pilihan-pilihan yang bersofat individu maupun kolektif.
3. Biaya Kesempatan (Opportunity Cost)
Ilmu Ekonomi memandang manusia sebagai makhluk rasional. Pilihan yang mana dibuatnya berdasarkan pertimbangan untung rugi, dengan membandingkan biaya yang dimaksud dalam konsep ilmu ekonomi (Economic Cost)
2. Apa yang membedakan perusahaan dengan lembaga sosial ? Jelaskan !
Jawab :
Perusahan merupakan suatu unit bagi kegiatan produksi untuk menyediakan barang
atau jasa bagi masyarakat dengan motif memperoleh keuntungan. Unit kegiatan itu
sering disebut lembaga sosial. Contoh : RT, Desa, Kota, Kecamatan.
Perusahaan adalah suatu lembaga sosial.
Letak pembedaannya antara perusahan dengan lembaga sosial lainyya adalah pada
seluruh kegitannya yang diarahkan untuk memperoleh laba bukan merupakan satu
satunya tujuan perusahaan , tetapi masih merupakan satu-satunya tujuan lain seperti,
memberi kesempatan kerja untuk mengurangi pengangguran, kemudian juga
meningkatkan pendapatan pemerintah melalui pajak dan juga prestise.
3. Apa saja yang mempengaruhi tempat & letak perusahan ?
Jawab :
Faktor Primer :
1. Dekat dengan bahan baku
2. Dekat dengan pasar
3. Dekat dengan pemasok tenaga kerja
4. Dekat dengan penyedia sumber tenaga / energi
5. Iklim
6. Ongkos transpor
7. Besarnya suplai modal
Faktor Sekunder
1. Rencana masa depan perusahaan
2. Kemungkinan perluasan usaha
3. Terdapatnya fasilitas pembelanjan perusahaan (Lembaga Kredit, Bank, Koperasi)
4. Terdapatnya fasilitas servis ( Bengkel servis, tempat ibadah, sekolah, rumah sakit, sarana rekreasi)
5. Sikap dari masyarakat setempat
6. Keadaan tanah
7. Tinggi rendahnya tingkat pajak dan masalah Undang Undang Perburuhan
4. Tunjukkan perbedan antara lingkungan Eksternal mikro & makro dalam dunia usaha ! (jelaskan dengan contoh)
Jawab :
Lingkungan eksternal kegiatan pemasaran adalah pengaruh-pengaruh tidak langsung yang berada di luar kekuasan atau kendali pemasar.
* Lingkungan eksternal makro meliputi aspek :
1. Kondisi perekonomian
2. Hukum, politik dan peraturan pemerintah
3. Kependudukan dan keseimbangan lingkungan
4. Teknologi
5. Sosial dan kebudayaan
Lingkungan eksternal mikro meliputi pelaku-pelaku yang aktif berperan dalam proses kegiatan pemasaran.
* Lingkungan ekternal mikro meliputi aspek :
1. Pemasok
2. Pesaing
3. Perantara dan
4. Pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar