Minggu, 19 Desember 2010

Kreasi Rambut Dengan Alat Catok

Ragam Kreasi Tatanan Rambut dengan Alat Catok

Jumat, 29 Oktober 2010 | 14:24



(Vibizlife - Beauty Corner) Alat Catok atau flat iron biasa digunakan untuk meluruskan rambut. Tapi ternyata fungsinya tidak hanya untuk itu. Dengan alat ini, kita bisa menciptakan berbagai tatanan, mulai dari lurus, keriting sampai bergelombang.

Dalam seminar kecantikan di pameran Cosmobeaute Indonesia, ahli tata rambut dari Korea, Kim Kyoung Youn memberi tips beberapa alternatif gaya yang bisa didapatkn hanya dengan satu alat catok.

Menurut pemegang gelar diploma London Vidal Sassoon Classic Course ini, kunci mengeksplor dengan flat iron ada pada tehnik memutar. Jika biasanya kita hanya menarik lurus rambut dari atas ke bawah, gerakan memutar bisa menciptakan rambut yang keriting.

"Bentuk keriting yang didapat pun bisa bermacam-macam, tergantung seberapa besar derajat kita memutar alat catok," jelas Kim.


Glam dan Elegan untuk Pesta



Foto: Vibizlife/ Hestia

Gaya rambut keriting ini cocok untuk tampil glam saat menghadiri pesta malam hari, dan disarankan untuk guntingan rambut berlayer. Putar alat catok dengan rotasi 180 derajat untuk menciptakan bentuk keriting yang menggantung/bouncing, lakukan di bagian tengah hingga bawah rambut, sementara rambut bagian atas dekat akar biarkan lurus.

Untuk rambut atas bagian depan, ciptakan kesan natural dengan memutar alat catok hanya 45 derajat mengarah keluar. Agar nampak lebih bervolume, tarik bagian atas rambut (dekat akar) menggunakan alat catok dengan gerakan ke atas, mengarah keluar.


Cute 'n Casual


Foto: Vibizlife/ Hestia

Tatanan ini sesuai untuk rambut yang sangat lurus dan tipis. Ciptakan kesan natural dengan memutar catok ke arah yang berbeda untuk setiap bagian helai rambut. Untuk rambut bagian belakang, putar catok mengarah ke depan, dan sebaliknya, putar catok mengarah ke belakang untuk rambut bagian depan.

"Cara ini menghasilkan volume rambut yang lebih natural. Terlihat cute, sesuai untuk gaya casual," terang Kim.


Natural Wavy


Foto: Vibizlife/ Hestia

Tatanan bergelombang ini cocok untuk rambut panjang lurus dengan guntingan rata (tanpa layer). Catok seperti meluruskan rambut biasa dari bagian atas rambut, hingga seperempat bagian rambut. Lalu putar ke arah luar dan dalam secara berselang-seling, atau gerakan zigzag hingga tekstur rambut membentuk gelombang. Teruskan pada seluruh bagian rambut.


Tips Khusus:
*Ujung-ujung rambut biasanya lebih tipis dan lembut, beri putaran dan tekan lebih kuat dan lama agar tidak cepat loose (balik ke bentuk rambut asli).

*Lakukan proses catok sedikit demi sedikit, dengan membagi helaian rambut dengan ketebalan masing-masing 2 cm (untuk rambut tipis) atau 3 cm (untuk rambut tebal) agar hasilnya merata.

(Hestianingsih/HN/vbl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar